Apakah Fungsi Tabung Filter pada FRL ( Filter Regulator Lubrikator ) unit yang di Instalasi Pneumatik di pabrik Industri ?
Tabung Filter tersebut berfungsi sebagai wadah atau tempat dudukan Filter atau yang biasa di sebut dengan saringan angin sebelum angin bersirkulasi masuk ke Instalasi Pneumatik Unit.
Sedangkan Fungsi dari Filter atau Saringan Angin itu sendiri adalah Untuk menyaring Angin bertekanan yang akan masuk ke Instalasi Pneumatik dari segala bentuk kotoran atau debu yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada part - part mesin atau juga bisa mengakibatkan abnormal kerja komponen mesin.
Mengapa Sebuah Instalasi Pneumatik membutuhkan sebuah Filter pada sebuah Tabung Filter ?
Kotoran atau debu yang ikut tercampur di dalam sirkulasi angin sangatlah lembut atau kecil sehingga di dalam sistem Instalasi FRL ini di butuhkan sebuah Filter atau saringan angin yang mempunyai pori - pori yang lembut pula sehingga fungsi Filter atau saringan angin ini akan sangat maksimal.
Tabung Filter pada FRL sangat membantu sekali untuk melindungi Filter atau saringan angin dari segala bentuk benturan maupun trouble lainnya.
Tabung Filter pada saat ini yang biasa di gunakan di pabrik Industri ada beberapa macam bentuk dan bahan seperti dari alumunium dan Glass Plastik yang transparan.
Tabung Filter pada sebuah FRL Unit merupakan salah satu item penting yang harus di perhatikan dan di check oleh seorang Teknisi Mekanik pada setiap hari atau pada saat melakukan Inspeksi bulanan.
Adapun Cara Melepas Tabung Filter pada FRL Unit adalah sebagai berikut :
- Sebelum memulai pekerjaan pastikan menggunakan alat pelindung diri terlebihdahulu secarea lengkap seperti Helmet Safety, Sarung tangan safety dan sepatu safety.
- Selanjutnya tutuplah terlebih dahulu valve atau kran angin supply utama pada Instalasi yang masuk ke FRL Unit agar pada saat kita melepas Tabung Filter tidak tersembur pressure angin.
- Blow Down atau buang sisa pressure angin yang masih ada pada Instalasi FRL Unit melalui drain angin pada tabung filter sampai jarum pressure gauge menunjukkan zero pressure atau 0 Kg/cm 2.
- Selanjutnya buka Tabung Filter FRL Unit dengan cara tarik pin lock Tabung Fitler ke bawah dengan maksimal.
- Kemudian sambil pin lock tersebut di tahan dengan Ibu Jari, Putarlah Tabung Filter FRL Unit ke kiri atau ke kanan sampai pin lock sejajar dengan tanda strip pada kepala Filter FRL Unit atau sampai lock terlepas dari dudukannya.
- Selanjutnya tarik ke bawah Tabung Filter sampai Tabung filter tersebut lepas dari dudukannya.
- Setelah Tabung Filter terlepas, lamgkah selanjutnya adalah melepas Filter Unit untuk di ganti Filter baru.
Sedangkan cara memasang Tabung Filter pada FRL Unit adalah sebagai berikut :
- Sebelum memasang Tabung Filter, pastikan terlebih dahulu bahwa filter atau saringan angin yang baru sudah terpasang dengan baik dan benar.
- Posisikan pin lock Tabung Filter di tarik ke bawah dan pastikan pin lock di tahan dengan Ibu Jari.
- Kemudian masukkan Tabung Filter pada dudukannya dengan posisi tanda pada pin lock sejajar dengan tanda yang ada pada kepala Filter Unit.
- Setelah Tabung Filter sudah masuk pada dudukannya, kemudian putarlah ke kiri atau ke kanan sesuai kondisi Tabung Filter sampai pin lock Tabung pas pada alur dudukannya.
- Jika sudah terasa pin lock pas pada alur dudukannya kemudian lepaslah pin lock Tabung Filter tersebut agar pin lock mengunci pada alur dudukannya.
- Pastikan kembali bahwa posisi Tabung Filter sudah benar - benar terpasang dengan baik dan benar.
- Kemudian bukalah valve atau kran angin supply utama dan check pressure angin sesuai dengan kebutuhan pada pressure gauge FRL Unit.
Filter yang ada di dalam Tabung Filter merupakan salah satu Part penting di dalam Instalasi FRL pneumatik, karena dengan adanya Filter atau saringan angin maka kondisi kualitas angin yang akan masuk ke dalam Instalasi Pneumatik benar - benar bebas debu dan kotoran.
Dengan hal tersebut, maka Melakukan pengecheckan kondisi Filter atau saringan angin merupakan hal yang wajib di lakukan oleh seorang Teknisi Mekanik setiap bulannya atau pada saat Inspeksi.
Mengapa Filter atau Saringan angin pada FRL Unit harus sering di check ?
Karena kondisi sirkulasi angin bisa tercampur dengan debu atau kotoran lembut yang lama - kelamaan debu tersebut akan menumpuk pada saringan angin atau Filter sehingga pori - pori dari saringan angin tersebut akan tertutup.
Dengan tertutupnya pori - pori saringan angin atau filter, maka hal tersebut akan berdampak tersumbatnya saluran sirkulasi angin yang akan menuju ke komponen mesin sehingga akan terjadi abnormal proses karena pressure angin terhambat.
Terjadinya penyumbatan pada pori - pori Saringan angin atau Filter akan terdeteksi dari pressure angin yang di tunjukkan oleh jarum pada pressure gauge yaitu pressure tidak sesuai dengan standart atau juga bisa presure menjadi 0 Kg/cm 2.
Jika mendapati kejadian seperti hal tersebut di atas, maka langkah yang harus di lakukan adalah melakukan pengecheckan kondisi Filter atau saringan angin pada Tabung Filter FRL Unit.
Jika kondisi Saringan atau Filter sudah kotor maka hal yang harus di lakukan adalah mengganti filter tersebut dengan filter yang baru.
Demikian sedikit ulasan tentang Fungsi Tabung Filter pada FRL Unit Pneumatik di pabrik Industri.
http://news.chivindo.com/408/fungsi-tabung-filter-pada-frl-unit-pneumatik.html
Comments
Post a Comment