Skip to main content

Analisa Terbakarnya Komponen Electric pada Compressor


Minggu lalu  seorang teman memberi kabar jika salah satu compressor udara  50 HP milik perusahaannya terbakar.  Teman saya ini  ingin share dan memastikan, apakah system safety kompresor udara merk 'XYZ' miliknya  masih aman? Dan, saya coba yakinkan bahwa design  rangkaian electric  pada mesin – mesin yang mendapatkan ijin  untuk diperjual belikan, sudah pasti  system safety electrical sudah diperhitungkan dan aman. Tentunya sepanjang tidak ada modifikasi yang aneh-aneh dari users. 

Untuk jelasnya, Saya minta teman ini mengirim  foto-foto nya. Anda bisa lihat juga  pada gambar dibawah. Bisa anda perhatikan tanda-tanda terbakar disana ?


Jadi, kebakaran pada kompressor ini terjadi pada  kontaktor – kontaktor motor kompressor.  Kejadiannya pada shift 3, Pk. 02.30  WIB, Karena suplay angin terputus teknisi cek, saat melakukan  pengecekan ini, diketahui adanya api pada  panel elektrik kompressor.
Ah,  jangan –jangan pelakunya karena ampere naik ….

Teman saya ini juga menganalisa akar masalah yang sama,  Pertanyaannya,  jika ada system pengaman rangkaian elektrik, mulai dari  fuse didalam rangkaian system ditambah lagi MCCB di panel, mengapa suplay  arus tidak terputus ? Tepat, jika saat running ampere motor dikisaran 80 A, didalam system sudah disetting secara digital batas pengaman amperenya, plus ditambah batas ampere di MCCB (150 A), harusnya system off. Saat saya tanyakan  apakah motor mendapat beban lebih, misal bearing kompresor macet, atau lainnya. Jawabannya tidak ada, saat kopling diputar manual kok enteng. Wah  ada apa ini …

Saya amati lebih seksama  foto-foto ini, sepertinya saya mendapat jawaban yang lebih  mendekati, mari kita lihat gambar ini sekali lagi.
Kabel yang putus hanya 1 ( di KM 1 ) yang lain tampak seperti efek api
Ini bukan pola yang disebabkan kenaikan ampere , selain   tidak terputusnya suplay arus, motor terbukti tidak ada beban pada putaran, dan yang lebih penting, jika diasumsikan sistem safety gagal, kenaikan ampere pada motor  tetap ditanggung oleh ketiga phase ( RST ), bukan satu phase saja seperti gambar diatas. Saya coba folus pada kontaktor KM 1 dan  minta informasi lebih banyak  mengenai spesifikasinya. Sepertinya saya memiliki teori yang lain.

SIEMENS 3TF47  ternyata menggunakan model  kabel dengan Skun Jepit.  Wah jangan – jangan …., setahun lalu di saat kerja di Bali, saya pernah melihat  pola seperti ini. Sambungan  antara kabel tegangan tinggi yang tidak sempurna akan menyebabkan “loncatan api” atau Sparking. Dalam situasi ini bisa dipastikan ampere terbaca stabil atau ampere tidak naik. Disituasi ini, jangan harap Fuse,  MMCB, atau Thermal overload bisa mendeteksinya. Saya info analisa saya ini ke teman saya, dan  setelah memastikan semua komponen safety bekerja, segera ganti  Kontaktor dan hati-hati saat conect skun kabelnya nanti.

Keesokan hari, mesin test run, dan  ampere motor  yang terbaca pada  display berkisar antara 72 – 75 A. Angka aman. Senin ini hari keempat, dan kompressor  masih running dalam kondisi normal. Saya yakin analisanya tepat,  tersangka utamanya  sambungan skun kabel yang tidak sempurna. Pertanyaannya kenapa koneksi antara kabel dan Contactor bisa kendor ? Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi kita. 
Beberapa kontaktor seperti type ini menggunakan type jepit,  beberapa type lain menggunakan type baut. Analisanya, Getaran mekanis menyebabkan ulir-ulir pada baut penjepit berputar berlawanan hingga kendor. Kondisi ini menyebabkan adanya celah udara antara plat contactor dan skun. Celah  udara inilah yang menyebabkan terjadinya Loncatan bunga api, dan membakar kabel di KM1. (panas) api menyebabkan  beberapa bagian di kontaktor lain ikut terbakar.

Untuk kenang-kenangan,  teman saya kirim foto model Skun Jepit pada contactor ini, anda juga  bisa lihat gambar dibawah
Contactor dengan model  jepit  pada Conector 
Saya pikir, akar masalahnya bukan pada Standard Type Contactor yang digunakan, tapi lebih pada control  kondisi  parts, mengganti dengan type parts bukanlah solusi, ada kemungkinan system electronic tidak bekerja optimal jika diganti dengan model yang lain. 
Sebagai tindakan preventive, ternyata tidak cukup jika teknisi hanya melakukan inspeksi Ampere. Beberapa pembebanan atau motor  ampere tinggi, perlu dilakukan inspeksi kondisi sambungan dengan rutin melakukan pengencangan pada baut-baut ikat per titik.

Semoga Artikel ini Bermanfaat & Utamakan Keselamatan !










http://news.chivindo.com/392/analisa-terbakarnya-komponen-electric-pada-compressor.html

Comments

Popular posts from this blog

BT-BASIC commands used

8.10     Some of the most frequently used BT-BASIC commands used are: msi                               Changes default working directory. Mass storage is            Same as “msi” cat                               Catalogs (list)the node names in the specified directory.             get                               Brings the contents of a file into the system workspace.        ...

Perhitungan & Cara Merubah Kumparan Blender Dari 220 V Menjadi 12 V

          Seperti yang telah dijelaskan pada buku “menggulung motor listrik arus bolak-balik, servis peralatan listrik rumah tangga kelompok penggerak dan perbaikan peralatan listrik pertukangan”, bahwa motor penggerak yang digunakan pada perlatan listrik rumah tangga dan pertukangan seperti blender, mixer, bor tembak, gerinda dsb menggunakan jenis motor universal. Motor universal adalah jenis motor listrik yang dapat disuplai dengan sumber listrik arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). Jadi peralatan-peralatan listrik rumah tangga dan pertukangan tersebut yang biasanya kita suplai dengan sumber listrik AC dari PLN atau Genset sebesar 220 V sebenarnya dapat juga kita suplai dengan sumber listrik DC yang tentunya tegangan juga harus sama yakni 220 V.           Yang menjadi permasalahan bagaimana kalau peralatan listrik rumah tangga atau pertukangan tersebut, sebagai contoh misalkan blender yang ingin digunakan atau dioper...

BT-BASIC command line

8.8       At the BT-BASIC command line type the command  msi  and the directory path, then press the “ENTER” key on the keyboard.  Example:                   msi ‘/hp3070/boards/aspect/main’ 8.9       At the BT-BASIC command line type the command  get ‘testplan’ and press the   ENTER” key on the keyboard.  You should now see the body of the testplan file displayed in the work space of the BT-BASIC window. 8.10     Some of the most frequently used BT-BASIC commands used are:

Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version

BAGAS31 – Sesuai dengan namanya, Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version ini merupakan software digital sketching atau drawing terbaik yang bisa kamu gunakan. Pada versi terbaru kali ini, ada beberapa penambahan fitur yang sangat efektif. Dengan fitur baru tersebut, diharapkan mampu meningkatkan proses sketching maupun drawing kamu. Autodesk SketchBook sendiri sudah bisa kamu dapatkan secara gratis melalui website resminya. Namun untuk kamu yang mau download versi Autodesk Sketchbook Pro, maka bisa langsung download melalui link yang sudah saya sediakan di bawah ini. Download Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version Screenshot: System Requirements: Windows 10 2.5 – 2.9 GHz of Intel or AMD CPU 4 GB of Memory 256 MB Graphics card with OpenGL 2.0 support We recommend that you use a pressure-sensitive tablet and pen for basic features Download: Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version [ FileUp ][ Uptobox ][ UsersDrive ] Jamu Only [ File...

Testhead

4.3         Testhead The testhead is that portion of the tester that supports the PIN, ASRU and Controller cards.   The testhead is divided into two BANKS and each BANK is divided into two MODULES, see figure 2 below.  Bank 1 contains modules 0 and 1, bank 2 contains modules 2 and 3.  The test fixtures are placed on the banks of the tester and locked down for board testing.  The testhead cards interface to the test fixture through the spring loaded pogo pin “nails” at the top edge on each of these card types. 4.4       Support Bay The support bay is a stand-alone cabinet that houses the power supplies for the Unit Under Test.  This bay also houses the test station power distribution unit and test station controller on earlier models. 4.5       Emergency Shutdown Switch The emergency shutdown switch is the large red button located at the lower left corne...

Kelebihan dan Kekurangan Saluran Listrik Jenis Saluran Udara dan Saluran Bawah Tanah

Berdasarkan pemasangannya,   saluran distribusi dibagi menjadi dua kategori, yaitu : saluran udara (overhead line) merupakan sistem penyaluran tenaga listrik melalui kawat penghantar yang ditompang pada tiang listrik. Sedangkan saluran bawah tanah (underground cable) merupakan sistem penyaluran tenaga listrik melalui kabel-kabel yang ditanamkan di dalam tanah. 1.    Saluran Bawah Tanah (Underground Lines) Saluran distribusi yang menyalurkan energi listrik melalui kabel yang ditanam didalam tanah. Kategori saluran distribusi seperti ini adalah yang favorite untuk pemasangan di dalam kota, karena berada didalam tanah, maka tidak mengganggu keindahan kota dan juga tidak mudah terjadi gangguan akibat kondisi cuaca atau kondisi alam. Namun juga memilik kekurangan, yaitu mahalnya biaya investasi dan sulitnya menentukan titik gangguan dan perbaikannya. Kedua cara penyaluran memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Keuntungan yang dapat diperoleh dari suatu jaringan bawah...