Skip to main content

Cara Melepas Dan Memasang Tabung Lubrikator Pada FRL


Bagaimanakah caranya melepas Tabung Lubrikator pada sebuah FRL ( Filter Regulator Lubrikator ) yang biasa di gunakan pada mesin produksi di pabrik Industri ?

Tabung Lubrikator merupakan komponen penting pada sebuah Unit FRL ( Filter Regulator Lubrikator ) yang terpasang pada sistem Pneumatik Instalasi, Karena Tabung Lubrikator tersebut merupakan media atau wadah yang di gunakan untuk menampung Oli Lubrikasi pada sistem Pneumatik Instalasi.

Sedangkan cara untuk Melepas Tabung Lubrikator tersebut adalah sebagai berikut :
  • Sebelum memulai pekerjaan pastikan lindungi diri dengan alat pelindung diri secara lengkap seperti Helmet Safety, Sarung Tangan dan Sepatu Safety.
  • Kemudian Langkah berikutnya adalah pastikan Menutup valve atau kran supply angin utama pada Instalasi sebelum melakukan melepas Tabung Lubrikator agar tidak terjadi semburan angin pada saat melepas Tabung Lubrikator.
  • Kemudian Blow atau buang tekanan angin yang masih di pipa Instalasi melalui drain atau buangan angin pada Filter FRL unit sampai pressure gauge menunjukkan bahwa di pipping sistem sudah tidak ada sisa tekanan angin atau 0 Kg/cm2.
  • Selanjutnya Lubrikator siap untuk di lepas dengan cara Tarik Lock Tabung Lubrikator ke bawah sampai maksimal dan tahan pin lock tersebut dengan Ibu Jari, kemudian putar tabung lubrikator ke kanan atau ke kiri sampai pin lock tersebut sejajar dengan tanda yang ada pada kepala Tabung Lubrikator. Selanjutnya Tarik ke bawah Tabung Lubrikator tersebut sampai terlepas dari dudukan Tabung Lubrikator.
  • Setelah Tabung Lubrikator terlepas dari dudukannya, maka kemudian Tabung Lubrikator di bersihkan dari debu dan kotoran.
  • Selanjutnya Tabung Lubrikator siap untuk di Isi dengan Oli Lubrikator atau Oli pelumas.
Selanjutnya Cara Memasang Tabung Lubrikator yang sudah di Isi Oli lubrikasi atau Oli pelumas  adalah sebagai berikut :
  • Tekan ke bawah pin lock Tabung Lubrikator dengan maksimal dan tahan pin lock tersebut dengan Ibu jari
  • Kemudian masukkan Tabung Lubrikator ke dudukannya dengan posisi Lock Lubrikator sejajar pada tanda strip pada kepala Lubrikator dan tekan Tabung Lubrikator masuk ke dudukannya pada Kepala Lubrikator.
  • Selanjutnya Putar Tabung Lubrikator tersebut ke kanan atau ke kiri sampai lock pin Lubrikator tersebut terbebas dari tanda strip pada dudukan Tabung Lubrikator.
  • Kemudian Lepaskan Pin Lock. dan pastikan bahwa pin lock sudah benar - benar mengunci Tabung Lubrikator.
Mengapa Tabung Lubrikator harus sering di lepas ?

Karena Tabung Lubrikator di gunakan sebagai wadah Oli lubrikasi pada sistem pneumatik, maka secara otomatis Oli lubrikasi pada tabung Lubrikator tersebut akan habis terbawa pressure atau tekanan angin yang bersirkulai pada pneumatik Unit.

Kemudian pengisian dan pengecheckan kondisi Lubrikator pada FRL Filter Regulator Lubrikator unit tersebut merupakan salah satu item penting yang harus di lakukan oleh seorang Maintenance Mekanik sebagai salah satu cara Inspeksi untuk menjaga life time komponen Mesin Produksi yang di lakukan setiap sebulan sekali.

Mengapa pada sistem Instalasi Pipping pneumatik harus di pasang sebuah Lubrikator ?

Karena pada sistem pneumatik unit ini menggunakan media pokok berupa Angin untuk menggerakkan beberapa komponen mesin dan di dalam komponen mesin tersebut terdapat part - part penting seperti seal, O - Ring, Piston, Pilot Solenoid Valve dan sebagainya yang membutuhkan pelumasan pada saat bergerak.

Dengan kondisi tersebut maka cara melumasi komponen - komponen atau part penting tersebut adalah dengan melalui mencampurkan oli lubrikasi pada tekanan atau pressure Angin yang bersirkulasi di pipping Instalasi pneumatik.

Dan Oli pelumas tersebut di tampung pada Tabung Lubrikator pada Unit FRL yang nota bene FRL tersebut di pasang sebelum angin masuk ke komponen - komponen penting pada Unit Pneumatik.

Oli Pelumas yang biasa di gunakan sebagai oli lubrikasi pada sistem pneumatik Instalasi ini adalah oli pelumas yang tidak terlalu kental yaitu oli bervicsositas antara 42 - 52.

Oli pelumas pada tabung lubrikator tersebut akan ikut tercampur dengan sirkulasi angin atau udara yang akan masuk ke komponen - komponen pneumatik seperti solenoid valve, cylinder angin, hand valve dan lain sebagainya.

Dan Volume Oli pelumas yang ikut tercampur pada sirkulasi angin pada Instlasi bisa di setting pada handle setting yang terpasang pada kepala Lubrikator.

Dengan demikian maka komponen - komponen penting pada part mesin tersebut akan terlubrikasi oleh oli pelumas sehingga life time komponen tersebut akanlebih awet dan tahan terhadap kerusakan.

Demikian sedikit ulasan tentang cara Melepas dan Memasang Tabung Lubrikator pada FRL ( Filter Regulator dan Lubrikator pada Instalasi Pneumatik.
http://news.chivindo.com/412/cara-melepas-dan-memasang-tabung-lubrikator-pada-frl.html

Comments

Popular posts from this blog

BT-BASIC commands used

8.10     Some of the most frequently used BT-BASIC commands used are: msi                               Changes default working directory. Mass storage is            Same as “msi” cat                               Catalogs (list)the node names in the specified directory.             get                               Brings the contents of a file into the system workspace.             load                             Same as “get”.             msi$                            Returns the directory pathname of the current working directory.             msi “..”                       Backs up one directory level.             findn                            Locates the next occurrence of the a given sting in the workspace. 8.11           If you wish to invoke the HP Board Graphics Viewer, type board graphics at the BT-BASIC command line and press the “ENTER” key on the keyboard. 8.12           A HP Board Graphics Viewer window should now appear

Perhitungan & Cara Merubah Kumparan Blender Dari 220 V Menjadi 12 V

          Seperti yang telah dijelaskan pada buku “menggulung motor listrik arus bolak-balik, servis peralatan listrik rumah tangga kelompok penggerak dan perbaikan peralatan listrik pertukangan”, bahwa motor penggerak yang digunakan pada perlatan listrik rumah tangga dan pertukangan seperti blender, mixer, bor tembak, gerinda dsb menggunakan jenis motor universal. Motor universal adalah jenis motor listrik yang dapat disuplai dengan sumber listrik arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). Jadi peralatan-peralatan listrik rumah tangga dan pertukangan tersebut yang biasanya kita suplai dengan sumber listrik AC dari PLN atau Genset sebesar 220 V sebenarnya dapat juga kita suplai dengan sumber listrik DC yang tentunya tegangan juga harus sama yakni 220 V.           Yang menjadi permasalahan bagaimana kalau peralatan listrik rumah tangga atau pertukangan tersebut, sebagai contoh misalkan blender yang ingin digunakan atau dioperasikan pada tempat yang tidak terdapat sumber listrik PLN ata

BT-BASIC command line

8.8       At the BT-BASIC command line type the command  msi  and the directory path, then press the “ENTER” key on the keyboard.  Example:                   msi ‘/hp3070/boards/aspect/main’ 8.9       At the BT-BASIC command line type the command  get ‘testplan’ and press the   ENTER” key on the keyboard.  You should now see the body of the testplan file displayed in the work space of the BT-BASIC window. 8.10     Some of the most frequently used BT-BASIC commands used are:

Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version

BAGAS31 – Sesuai dengan namanya, Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version ini merupakan software digital sketching atau drawing terbaik yang bisa kamu gunakan. Pada versi terbaru kali ini, ada beberapa penambahan fitur yang sangat efektif. Dengan fitur baru tersebut, diharapkan mampu meningkatkan proses sketching maupun drawing kamu. Autodesk SketchBook sendiri sudah bisa kamu dapatkan secara gratis melalui website resminya. Namun untuk kamu yang mau download versi Autodesk Sketchbook Pro, maka bisa langsung download melalui link yang sudah saya sediakan di bawah ini. Download Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version Screenshot: System Requirements: Windows 10 2.5 – 2.9 GHz of Intel or AMD CPU 4 GB of Memory 256 MB Graphics card with OpenGL 2.0 support We recommend that you use a pressure-sensitive tablet and pen for basic features Download: Autodesk SketchBook Pro 2021 Full Version [ FileUp ][ Uptobox ][ UsersDrive ] Jamu Only [ FileUp ][ Uptob

Testhead

4.3         Testhead The testhead is that portion of the tester that supports the PIN, ASRU and Controller cards.   The testhead is divided into two BANKS and each BANK is divided into two MODULES, see figure 2 below.  Bank 1 contains modules 0 and 1, bank 2 contains modules 2 and 3.  The test fixtures are placed on the banks of the tester and locked down for board testing.  The testhead cards interface to the test fixture through the spring loaded pogo pin “nails” at the top edge on each of these card types. 4.4       Support Bay The support bay is a stand-alone cabinet that houses the power supplies for the Unit Under Test.  This bay also houses the test station power distribution unit and test station controller on earlier models. 4.5       Emergency Shutdown Switch The emergency shutdown switch is the large red button located at the lower left corner on the front of the testhead.  It turns off all AC power to the testhead, and is equivalent to turning off the m

Kelebihan dan Kekurangan Saluran Listrik Jenis Saluran Udara dan Saluran Bawah Tanah

Berdasarkan pemasangannya,   saluran distribusi dibagi menjadi dua kategori, yaitu : saluran udara (overhead line) merupakan sistem penyaluran tenaga listrik melalui kawat penghantar yang ditompang pada tiang listrik. Sedangkan saluran bawah tanah (underground cable) merupakan sistem penyaluran tenaga listrik melalui kabel-kabel yang ditanamkan di dalam tanah. 1.    Saluran Bawah Tanah (Underground Lines) Saluran distribusi yang menyalurkan energi listrik melalui kabel yang ditanam didalam tanah. Kategori saluran distribusi seperti ini adalah yang favorite untuk pemasangan di dalam kota, karena berada didalam tanah, maka tidak mengganggu keindahan kota dan juga tidak mudah terjadi gangguan akibat kondisi cuaca atau kondisi alam. Namun juga memilik kekurangan, yaitu mahalnya biaya investasi dan sulitnya menentukan titik gangguan dan perbaikannya. Kedua cara penyaluran memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Keuntungan yang dapat diperoleh dari suatu jaringan bawah tanah adalah